Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Posted on
ads

Penyebab, cara mengobati dan mencegah kanker kulit melanoma – Kanker kulit melanoma ini merupakan jenis kanker yang umumnya berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berguna sebagai penghasil melanin. Melanin ini yang nantinya berguna untuk menyerap sinar matahari atau sinar ultraviolet serta melindungi kulit dari terjadinya kerusakan. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang sangat jarang sekali terjadi dan paling berbahaya. Kondisi ini umumnya dimulai dari kulit seseorang dan dapat menyebar ke organ lainnya yang ada di dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau pun perubahan di bagian tahi lalat yang sudah ada umumnya jadi pertanda umum atau pun gejala dari penyakit kulit melanoma tersebut. Hal yang demikian ini bisa saja terjadi di seluruh tubuh, akan tetapi beberapa bagian tubuh yang paling sering alami kemunculannya diantaranya :

ads
  • Wajah
  • Kaki
  • Tangan
  • Punggung

Melanoma mempunyai bentuk yang tak beraturan dan juga lebih dari satu warna. Tahi lalat yang positif terserang melanoma ini umumnya akan terasa gatal dan dapat alami pendarahan. Selain hal tersebut, ukurannya juga bisa lebih besar dari tahi lalat normal.

Penyebab Utama Penyakit Kanker Kulit Melanoma

Melanoma ini umumnya terjadi pada saat sel – sel pigmen kulit berkembang secara tak normal. Sampai sekarang ini masih belum diketahui secara pasti mengapa hal tersebut terjadi. Sebagian orang menganggap penyebab munculnya penyakit kulit melanoma karena kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari alami atau pun buatan. Akan tetapi pada kenyataanya tak semua orang yang sering terpapar sinar matahari tersebut jadi penderita melanoma.

Para peneliti masih berupaya untuk mencari tahu apa penyebab utama kanker kulit melanoma ini. Beberapa faktor yang telah diketahui bisa saja meningkatkan kemungkinkan untuk terjangkit melanoma adalah mempunyai banyaknya tahi lalat atau pun bintik di kulit, kulit mudah terbakar, berkulit pucat, mempunyai anggota keluarga yang menderita penyakit melanoma, dan yang memiliki rambut pirang atau pun merah.

Diagnosis Penyakit Kanker Kulit Melanoma

Dokter memang bisa mendiagnosis adanya penyakit melanoma ini setelah lakukan pemeriksaan fisik. Dokter nantinya akan merujuk Anda untuk temui doker spesialis kulit atau dermatologi maupun dokter bedah plastic apabila memang mereka mengira Anda sedang menderita penyakit melanoma. Jadi, apabila Anda melihat adanya perubahan pada bentuk tahi lalat, maka Anda disarankan untuk segera menemui dokter.

Untuk sebagian besar kasus yang sudah ada, jaringan tahi lalat yang telah dianggap mencurigakan akan diangkat dengan dilakukannya pembedahan dan juga dipelajari apa sudah terjadi kanker atau pun tidak. Proses tersebut umumnya dikenal dengan istilah biopsy. Sementara itu untuk memeriksa apa melanoma tersebut sudah melakukan penyebaran ke bagian tubuh yang lain, maka prosedur biopsy nodus sentinel juga akan dilakukan.

Cara Mengobati Penyakit Kanker Kulit Melanoma

Perlu Anda tahu bahwasannya salah satu prosedur utama dari pengobatan melanoma ini adalah operasi, walaupun semua jenis penanganan yang dilakukan tersebut bergantung pada kondisi sih pasien. Operasi bisa berjalan sukses apabila penyakit kanker kulit melanoma tersebut terdiagnosis pada tahapan awal. Akan tetapi untuk cegah melanoma muncul kembali, maka Anda disarankan untuk jalani perawatan yang lebih lanjut lagi.

Apabila penyakit melanoma ini tak terdiagnosis sampai pada tahapan yang paling parah, atau kronis, maka perawatan yang biasanya dilakukan hanya dapat memperlambat penyebaran kanker itu sendiri, dan juga meredakan gejala yang tengah terjadi. Yang mana pada tahapan ini, umumnya akan dibutuhkan obat – obatan, seperti halnya kemoterapi.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Kulit Melanoma

Anda juga dapat turunkan resiko terkena penyakit kanker kulit melanoma ini dengan cara menghindari kulit supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, baik yang alami atau pun buatan, walaupun kemunculan dari penyakit tersebut tak akan selalu bisa dicegah. Salah satu tindak pencegahan penyakit melanoma paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tabir surya dan juga kenakan pakaian yang lengkap guna lindungi kulit dari paparan sinar matahari yang telah merusak. Namun, untuk tingkatkan keberhasilan penanganan serta agar bisa mendapat diagnosis sejak awak, disarankan untuk periksakan tahi lalat dan juga bintik – bintik secara teratur.

Demikian tadi kilas informasi seputar penyebab, cara mengobati, dan mencegah kanker kulit melanoma. Semoga manfaat.

ads